KESABARAN

Kita sering mengucapkan kata-kata sabar, memang sebuah kata yang mudah untuk diucapkan, saking mudahnya banyak orang mengatakan hal tersebut, hakikat realnya, kesabaran  merupakan sesuatu yang sangat sulit dilakukan oleh orang-orang awam, karena sabar berarti kita harus ikhlas, menerima dan menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT. Dalam QS Al Ashr (103) ayat 1-3 dikatakan bahwa orang yang tidak merugi adalah orang yang beriman, beramal saleh, saling berwasiat kebenaran, dan saling berwasiat kesabaran. Oleh karena itu marilah kita saling berwasiat tentang kesabaran.
Orang  Arab menyatakan, “Orang yang bersabar akan memperoleh kemenangan.” Allah berfirman, “Hai orang-orang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat, (karena) Allah itu senantiasa bersama orang-orang yang sabar.” (QS al-Baqarah [2]: 158).  Dari segi bahasa, shabr artinya menahan dan mengendalikan diri agar tidak “dijajah” hawa nafsu dan emosi. Dalam kitab Tahdzib Madarik al-Salikan, Ibnu al-Qayyim mendefinisikan sabar sebagai menahan diri untuk tidak melampiaskan nafsu angkara murka, mengendalikan lidah untuk tidak berkeluh kesah, dan mengontrol anggota tubuh untuk tidak bertindak anarki.
Orang yang sabar tidak hanya bersikap lapang dada saat menghadapi kesulitan dan musibah, tetapi juga teguh pendirian (istiqamah) dalam memperjuangkan kebenaran, dan selalu dinamis dan optimistis dalam meraih masa depan yang lebih baik dan bermakna.
Jadi mari kita untuk berusaha jangan pernah berkata, “sabarku ada batasnya dalam menghadapi seseorang”, sebab sejatinya Sikap sabar tak pernah berbatas, hanya manusia saja yang memberi batasannya sehingga sedikit banyak menghambat keinginan dan kreatifitasnya. Memang ini akan sulit sekali dilakukan tetapi marilah kita berusaha. Tapi jika kita bertemu dengan orang yang sabarnya luar biasa dalam menghadapi sesuatu, hendaklah jangan memanfaatkan kesabarannya itu dengan menganggap ringan dan menyepelekan orang itu.
Robbana Afrigh Alaina Shobron Watsabit Aqdamana Wanshurna ‘Alal Qumil Kafiriin
“Ya Alloh Tuhan kami,tuangkanlah kesabaran atas kami kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang orang kafir”
Semoga Tuhan mendengarkan dan mengabulkan apa yang menjadi keinginan kita untuk menjadi golongan orang-orang yang sabar. Amin
(Posting by GN)


Komentar