APERT SYNDROME



APERT SYNDROME
 Definisi merupakan kelainan autosomal dominant crocephalosyndactylia yang ditandai dengan :

a.        Craniosinositas (penempelan antar tulang

b.        Kelainan craniofacial
c.        Kelainan syndactili simetris

Terjadi akibat penutupan sutura coronaria yang terlalu cepat (<3 bulan) sehingga bahaya peningkatan TIK, defek calvaria meluas, gangguan pertumbuhan tulang wajah (hypoplasia maksila, mandibula, dorsum nasal pendek, sehingga kemungkinan gangguan jalan nafas besar. Kejadian sekitar 4,5 %.
Adanya mutasi kelainan geneteik, maka memungkinkan timbulnya kelainan pada tempat lainnya : Jantung, ginjal, liver, paru, maka hati-hati dalam persiapan operasi dan durante.
Tenik Anestesi
a.        Kunjungan pra bedah : perhatikan kelainan yang ada dan kemungkinan penyulit di bidang anestesi (airway, kardiovaskiler, paru dan sistem metabolik dan ekskresi.), lab lengkap, iv line dan arteri line, persiapan PICU bila akan rekonstruksi
b.        Induksi : hati-hati terjadinya peningkatan TIK
c.        Durante : kemungkinan perdarahan bila rekonstruksi, monitoring umumnya, jaga suhu dan posisi pasien jangan ada gangguan airway dan vena balik cerebri, hati-hati emboli udara pada posisi supine karena kolaps
d.        Post operasi : usahakan PICU bila release kelaianan dan dalam waktu lama serta adanya comorbid kelainan lainnya.
posting by GN

Komentar