RSUD AJIBARANG

RSUD AJIBARANG MENUJU CERIA

Bagaimana masayarakat Banyumas mendapat pelayanan kesehatan yang layak, itulah pola pikir yang ada pada jajaran kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Banyumas pada saat itu, maka digagaslah pendirian sebuah rumah sakit diwilayah barat bagian Banyumas. Seperti diketahui, diwilayah Banyumas telah berdiri dua rumah sakit pemerintah yang besar yaitu RSU Margono Soekarjo di kota Purwokerto (milik Pemda Jateng) dan RSUD Banyumas (milik Pemda Banyumas) di wilayah timur, kedua rumah sakit ini bersaing untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Banyumas. Ternyata dipilihlah kota Ajibarang untuk mewujudkan gagasan tersebut.

RSUD Ajibarang
RSUD Ajibarang,  merupakan pengembangan dari Puskesmas Rawat Inap Ajibarang I, pada Januari 2007 beroperasilah sebuah rumah sakit baru di wilayah Ajibarang. Potensi RSUD Ajibarang sangat besar melihat letak geografis yang diapit oleh wilayah mapan seperti kecamatan Gumelar (dengan andalan para TKI-nya), Cilongok, Pekuncen, Lumbir, Wangon, Jatilawang dan Ajibarang sendiri. Juga tidak kalah menguntungkan daerah Brebes selatan yang belum ada rumah sakit yang mumpuni dan Cilacap bagian utara, hal ini sangat menguntungkan ditinjau dari sisi bisnis rumah sakit. Adapun letak pada jalur lalulintas yang padat antara Jakarta – Yogyakarta, Purwokerto dan Bandung juga merupakan potensi untuk pelayanan traumatik (kecelakaan lalu lintas).
RSUD Ajibarang tampak depan
Kegiatan yang telah berjalan meliputi pelayanan gawat darurat, Rawat Jalan spesialistik (Gigi, Syaraf, Penyakit dalam, Kebidanan dan Kandungan, Mata, THT, Anak) dan poli umum, Rawat inap, Laboratorium, Radiologi, Farmasi, Pelayanan Kamar Bedah (IBS), ICU, dan VCT. Berdasarkan SK Bupati Banyumas Nomor: 445.1/967/2012 tanggal 13 Desember 2012 RSUD Ajibarang menggunakan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) dengan status penuh.

Pelayanan Kebidanan di Kamar Operasi


Instalasi Gawat Darurat


Instalasi Laboratorium dan Bank darah
Lorong Rawat Inap


Kegiatan siswa keperawatan di rumah sakit


RSUD Ajibarang dan Pelayanan :
RSUD Ajibarang mempunyai visi pelayanan untuk dapat memberikan pelayanan yang profesional, terjangkau dan bernuansa kekeluargaan untuk kepuasan pelanggan. Sedangkan misi yang diemban meliputi pelayanan holistik dan bermutu  bagi masyarakat, memenuhi azaz manfaat, meningkatkan  SDM melalui jenjang pendidikan formal dan informal serta ikut berperan dalam peningkatan dan pengembangan pendidikan tenaga kesehatan serta mewujudkan kemandirian pengelolaan keuangan secara transparan dan bertanggungjawab. Filosofi yang dianut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna kepada seluruh lapisan masyarakat dan berfokus pada kepuasan pengguna jasa pelayanan kesehatan. Motto yang telah menjadi semboyan C E R I A (Cepat, Efisien, Ramah, Ikhlas dan Aman)


Kedepan
Orientasi ke depan RSUD Ajibarang akan meningkatkan kelas pelayanan menuju tipe B dengan pelayanan andalan trauma center, pelayanan PONEK, pelayanan syaraf dengan unit stroke, peningkatan pelayanan intensive (ICU), bedah sub spesialistik, pediatrik. Untuk memenuhi itu semua diperlukan peningkatan sarana dan prasarana, perluasan lahan dan penambahan rawat inap kelas dan VIP dengan tanpa meninggalkan sisi sosial rumah sakit.


Sebagai penutup dengan Bupati baru dengan visioner dibidang kesehatan yang bagus dan ditunjang dengan direktur sekarang, bukanlah sebuah mimpi disiang bolong bila RSUD Ajibarang menjadi sebuah rumah sakit yang menjadi pilihan warga sekitar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.


Komentar

Tri Angg 27 mengatakan…
Koreksi sedikit Pak dokter...
Bukan Pemda Jateng tapi Pemprov Jateng
Bukan Pemda Banyumas tapi Pemkab Banyumas
Unknown mengatakan…
hallo pak Igun Winarno. saya mau tanya..
apakah boleh jika saya ingin mengecek medical record seseorang yg menjadi pasien di RSUD Ajibarang?
Igun Winarno mengatakan…
Wuah...kalau medical record itu...isinya punya pasien dan blangkonya milik rs, tetapi untuk membuka isi sebuah rm harus yang bersangkutan atau orang lain yg mendapatkan ijin resmi....
Unknown mengatakan…
top ....