AKTUALISASI DIRI : SAYA ADALAH SEORANG PEMIMPIN - TAKDIR KEPEMIMPINAN

AKTUALISASI DIRI :  SAYA ADALAH SEORANG PEMIMPIN
( I AM A LEADER )

TAKDIR KEPEMIMPINAN

Dalam masalah ini tulisan saya mungkin banyak diilhami oleh buku The Leader in You dari Berny Gomulya bahwa semua orang itu dilahirkan sebagai seorang pemimpin. Tinggal bagaimana kita mengolah dan melatihnya untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif.  Jadi sifat kempemimpinan itu ada pada semua orang, pada orang laki-laki, wanita, tua, muda bukan milik orang-orang tertentu, dan kepemimpinan adalah pilihan. Pilihan untuk tidak berdiam diri. Saat ini juga dunia membutuhkan kita untuk memimpin. Oleh karena itu kenali diri, bangunkan dan latih potensi kepemimpinan kita adalah keharusan.
              Pemahaman yang kurang pas mengenai definisi kepemimpinan dan mereka berlomba untuk mendapatkannya akan mengakibatkan kegagalan sesorang untuk mencapainya. Karena kepemimpinan itu bukan kedudukan tertinggi di masyarakat tetapi terletak pada setiap orang (Leadership is NOT just for PEOPLE at the TOP but It is for EVERYONE) . Sabda Rasulullah SAW, “ Setiap orang dari kamu adalah pemimpin dan kamu bertanggungjawab terhadap kepemimpinan itu” (Shahih Bukhari & Muslim). Hadist lain juga disebutkan, (H.R. Imam Bukhari & Muslim) “ Setiap anda adalah pengasuh dan bertanggungjawab terhadap rakyatnya. Pemimpin adalah pengasuh dan bertanggungjawab terhadap rakyat. Laki-laki adalah pengasuh dikeluarganya dan bertanggungjawab terhadap asuhannya. Wanita adalah pengasuh di rumah suaminya dan bertanggungjawab pada asuhannya, pembantu adalah pengasuh harta majikannya dan bertanggungjawab pada asuhannya”. Marilah kita gali dan latih secara kontinue potensi kepemimpinian diri kita karena ini akan dimintai pertanggungjawaban.
Kepemimpinan yang efektif di mulai dari dalam, yaitu dari diri kita sendiri. Kepemimpinan sebuah organisasi akan kuat jika didasari jiwa kepemimpinan seluruh anggotanya kuat. Kita tidak mungkin akan bisa menjadi pemimpin yang baik dan efektif manakala memimpin diri sendiri saja tidak bisa. Percayalah kita tidak mungkin akan bisa menolong diri orang lain kalau diri kita sendiri tidak selamat, oleh karena itu kemampuan untuk mengelola dan menggali potensi diri kita sendiri itu sangat penting untuk menjadi seorang pemimpin karena kita ini telah di takdirkan untuk sebagai seorang pemimpin.
              Pemahaman yang selaras mengenai definisi kepemimpinan bahwa kepemimpinan bukan terletak pada posisi, kedudukan, jabatan atau pangkat. Kepemimpinan adalah pengaruh (influence), yaitu seni untuk mempengaruhi orang lain agar mereka bisa dengan suka rela mengikuti apa yang kita inginkan.

              Bagaimana untuk bisa menjadi pemimpin yang efektif sesungguhnya ? Seperti tadi telah diuraikan, yang pertama harus dilakukan adalah membangun diri kita karena kita adalah masing-masing sebagai pemimpin. Agar kita bisa menjadi panutan dan mempengaruhi orang untuk bekerja sesuai dengan yang kita inginkan (influence). Yang kedua adalah kita harus mengetahui tujuan yang ingin kita capai (purpose). Tiada terlalu penting dari mana asal anda tetapi kemana anda akan melangkah itu yang terpenting dalam hidup ini. Tetapkanlah tujuan kita. Ketiga adalah kita harus mempunyai pikiran dan sikap yang positif (positive thinking and attitude). Pikiran akan mempengaruhi sikap oleh karena itu pikiran yang positif akan memberikan sikap yang positif juga marilah kita harus keluar dari zona nyaman (comfort zone), lihatlah permasalahan didunia ini dari sisi positif maka kita akan mendapatkan hasil yang positif. Keempat adalah orang-orang disekitar kita (people). Keberhasilan seorang pemimpin tidak akan lepas dari orang-orang sekitar kita yang membantu. Keberhasilan akan ditentukan seberapa besar kita bisa menyentuh kehidupan orang-orang disekitar kita. Hal ini berkaitan dengan sikap kedewasaan, toleransi dan perhatian yang diberikan seorang pemimpin sehingga akan mengangkat semangat kinerja orang orang disekitar. Kelima adalah kinerja (performance) yaitu bagaimana kita bisa memberikan nilai tambah dan kinerja sesuai yang diharapkan.

Komentar