Warna dan Arti Kehidupan

WARNA DAN ARTI KEHIDUPAN

Pagi itu mengalun suara adzan subuh dengan indah, kuberanjak mengikuti panggilan sholat, kulanjutkan dengan menikmati  kesejukan pagi dan kurasakan kesegaran dalam benak otakku dan kumenuliskan ini. Ada sebuah cerita tentang bagaimana seorang berjuang untuk menggapai apa yang dicitakan. Ternyata semua itu tidak ada yang gratis, maaf jangan berpikir yang buruk dulu dengan menyuap atau sebagainya..hal ini sedang dalam pemberantasan di bumi pertiwi Indonesia. Seyogyanya kita sebagai generasi penerus dan generasi yang beriman tidak akan melakukan hal ini, karena Rosulullah telah melaknat pemberi, penerima dan perantara dalam suap menyuap. Ini sangat jelas dan transparan oleh karena itu kita harus memperjuangkan apa yang menjadi impian kita, dengan apa ? dengan upaya sendiri melalui cara dengan berusaha keras, belajar, berdoa, beriman dengan tawakal ! bukankah demikian sahabat ? mengapa tawakal kita tempatkan dan persiapkan sejak awal ? karena kita ini adalah orang yang beriman semua itu urusan Allah dan Allah pasti akan memberikan yang terbaik buat kita, artinya belum tentu keinginan dan usaha keras kita sesuai, alias pas dengan keinginan kita saat itu. Kita harus menerima takdir Allah dengan ikhlas terus berdoa dan berusaha.
Kita kembali mengenai apa yang kita citakan, bagaimana seorang berjuang dengan keras dengan iringan doa dan ketawakalan. Manusia akan merasa bahagia dan berarti manakala bisa memberikan warna dan manfaat yang luas bagi kehidupannya dan juga bagi orang lain. Artinya kita selalu berkembang, bertumbuh untuk melakukan inovasi dalam kehidupan kita, manakla inovasi dan proses tumbuh telah berhenti disitulah sebenarnya kehidupan kita berakhir. Apakah kita cukup hanya dengan diri kita sendiri, yang pasti tidak sahabat ! kita pasti mempunyai partner dalam menggapai sesuatu dan semestinyalah kita bisa memberikan warna dan manfaat yang luas juga bagi orang lain. Inilah pondasi awal kita kalau kita ingin melangkah jauh. Selalu tumbuh berinovasi dan memberikan manfaat yang sebesarnya bagi kehidupan.
Menurut apa yang dituliskan M. Assad bahwa semua bisa kita lakukan dengan prinsip 3P (positive, persitence dan pray), pertama yang kita lakukan adalah berpikir positif dan berperilaku positif. Kita berkeyakinan bahwa Allah pasti akan memberikan apa yang kita minta asal dikuti dengan usaha dan bekerja keras, inilah keimanan. Coba bayangkan kalau kita tiba-tiba berada dalam suasana yang gelap saat sebuah pesta berlangsung. Saat itu kita menemukan sebuah lilin yang tinggal sedikit. Sahabat yang berpikiran negatif akan berkata wuah percuma lilin segini tidak akan cukup dan dibuang tetapi manakala kita berpikiran positif kita akan berpikir lumayan ada sarana untuk mencari sumber cahaya yang lebih besar. Marilah kita yakin bahwa Allah akan memberikan apa yang kita impikan dan marilah kita berusaha dengan berkeyakinan bahwa kita bisa dengan apa yang ada. Apa itu persistence ? Tahukah sahabat kisah dibalik nama minuman 7UP, kisah Thomas Alfa Edison dalam menemukan listrik, dan cerita lubang batu disamping rumah kita ? inilah dibalik kesuksesan dalam persistence, yaitu usaha keras kita secara terus menerus. Thomas Alfa Edison melakukan uji coba dalam menemukan lampu listrik sampai 1000 kali. Coba kita bayangkan kalau saat percobaan yang ke 999 berhenti mungkin sampai sekarang kita masih dalam kegelapan. Tahukah betapa kerasnya batu disamping rumah kita dan betapa lembutnya air yang menetes dari samping rumah kita ! Mengapa lubang terbentuk di bebatuan tepat di tetesan air yang lembut ? Inilah usaha keras yang terus menerus dengan kelembutan akan memberikan hasil yang nyata. Yang akhir kita akan pada “Berdoalah kepada-Ku, niscaya aku Aku akan mengabulkanya “ (QS. Ghafir, 60). Inilah ciri-ciri orang beriman, percaya dan mengakui adanya Allah dan segala sesuatu berasal dariNya. Terlalu sombong bagi kita manakala usaha keras kita tanpa kita ikuti dengan berdoa dan memohon kepadaNya.
Sahabat, inlah salah satu percikan bagaimana kita bisa memberikan warna dalam kehidupan kita dan sarana untuk memberikan manfaat yang besar dalam kehidupan di dunia, semoga kita selalu dirakhmati oleh Allah SWT.

Goens”GN”

Komentar