Kebahagiaan dan Kesuksesan

KEBAHAGIAAN DAN KESUKSESAN
By goens”GN”

Kadang banyak orang berpikir sebagai tolok ukur kebahagiaan adalah kesuksesan yang telah diraih. Kebahagiaan dan kesusksesan adalah dua kontekstual yang berbeda. 

Kebahagiaan jelas seperti tadi telah dijelaskan merupakan penjabaran pikiran untuk menerima apa yang ada pada saat ini, sedangkan kesuksesan merupakan tahapan menuju apa yang kita idam-idamkan, jadi mungkin akan berbeda satu dengan yang lainnya tergantung tolok ukur yang digunakannya. Sebagai contoh pada tahapan kita menginginkan untuk mempunyai rumah, manakala kita sudah mendapatkannya kita akan mengatakan bahwa kita telah sukses, apa kebahagiaan ada disana ? Belum tentu kita merasakan kebahagiaan disana, bisa jadi saat kita telah memiliki rumah kita merasa rumah ini kurang besar, kurang nyaman, tidak ada ini dan itu. Tetapi kebahagiaan bisa dicapai kapanpun walau kita belum mempunyai rumah, asal kita selalu mensyukuri, tidak menyalahkan dan mengkomplain Tuhan disitulah kebahagiaan akan didapat. Berikut mungkin bisa sedikit memberikan gambaran mengenai hakekat kebahagiaan dan kesuksesan. Dalam beberapa kepustakaan dan postingan banyak ditemukan :
·        SUKSES itu nanti, sedangakan BAHAGIA itu sekarang.
·        SUKSES itu sampai di tujuan, sedangkan BAHAGIA itu (menikmati proses) dalam perjalanan. 
·        SUKSES itu mendapatkan apa yang anda inginkan (getting what you want), sedangkan BAHAGIA itu memaknai apa yang sudah anda dapatkan (wanting what you get).
·        SUKSES itu selalu melihat ke atas, sedangkan BAHAGIA itu selalu melihat ke bawah. Hal ini bertujuan agar bisa memaknai arti hidup itu sendiri.
·        SUKSES itu di luar (terlihat oleh orang lain), sedangkan BAHAGIA itu di dalam (bersifat sangat pribadi/private).
Kontekstual dalam organisasi kebahagiaan adalah modal utama untuk membawa organisasi kepuncak tujuan yang telah ditetapkan karena dengan kebahagiaan kebersamaan, kekompakan dan produktifitas kinerja bisa terjaga dengan baik. 
Semoga kita mendapatkan kesusksesan yang melahirkan kebahagiaan, aamiin



By goens “GN"

Komentar