Kiat menuju sukses

KIAT MENUJU SUKSES
By goens “GN”

Masihkah kita beranggapan bahwa kecerdasan yang kita miliki akan berbanding lurus dengan kesuksesan ? Kita akan berkata mungkin ya dan mungkin tidak, kesuksesan masih memungkinkan ditentukan dengan kemampuan mengontrol emosi, berinteraksi sosial, dan mau untuk memahami orang lain. Artinya dengan kecerdasan atau IQ (intelligence Quotient) tinggi tidak akan menjamin sebuah kesuksesan.

Kemampuan mengontrol emosi yang baik “Emotional Intelligence / Quotient” (EQ) mempunyai perananan dalam kesukasesan. EQ ini ditandai dengan kemampuan untuk mengontrol diri, menempatkan diri pada suatu yang telah direncanakan, ini biasanya ditandai dengan kita bisa bergaul dengan banyak teman (relasi). Dalam posisi ini mungkin kita sudah berada dalam kesuksesan bisa juga belum, sanggupkah kita mengontrol diri kita sendiri ? Alat kontrol terbaik biasanya dengan keimanan dan pengakuan akan kemampuan yang dahsyat dari sang pencipta (Tuhan YME), ini langkah pencegah kesombongan dunia untuk menuju kehancuran. Istilah saat ini di kenal dengan spiritual quotient (SQ).

Ada hal penentu juga dalam kesuksesan yang belum ada disana, ialah kemampuan untuk bertahan dan berjuang. Banyak orang sukses dengan mengubah mindset kegetiran, kemiskinan dan kegagalan adalah sebuah peluang untuk menuju kesuksesan yang lebih besar. Banyak contoh orang sukses dengan kemampuan untuk bertahan, penemu lampu Thomas A Edison dengan percobaan yang berkali-kali, banyak pengusaha yang dimulai dari ketiadaan dan contoh umat muslim, bagaimana Rossulullah bisa bertahan dalam perjuangan menyebarkan agama Islam dengan tekanan dan hinaan dari para penentang. Inilah yang disebut dengan Adversity Quotient (AQ) kemampuan untuk bertahan dari segala halangan dan cobaan.

Kalau bisa ditarik garis lurus kesuksesan merupakan kumpulan dari kecerdasan seseorang baik secara keilmuan maupun kemampuan dalam memanfaatkan peluang, bagaimana bisa membangun relasi dengan kemampuan emotional dan pergaulan yang baik, juga benteng keimanan dan kemampuan untuk terus berikhtiar dan ikhlas dalam setiap menghadapi rintangan. Cukupkah dengan itu, ketenangan dan  kebahagiaan adalah intinya, sehingga nikmatilah setiap detik yang ada dengan selalu bersyukur kepadaNya. Disarikan dari M Assad “Notes from Qatar 3”. Selamat Anda Adalah manusia yang sukses.
By goens “GN”


Komentar