RSUD AJIBARANG DALAM SURVEI AKREDITASI KARS 2012


RSUD AJIBARANG
MENUJU PELAYANAN YANG TERAKREDITASI KARS 2012

Akreditasi Rumah Sakit merupakan pengakuan terhadap rumah sakit yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri, setelah dinilai bahwa rumah sakit itu memenuhi standar pelayanan rumah sakit yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit secara berkesinambungan. Hal ini juga sesuai dengan Undang-Undang no 44 tahun 2009 pasal 40 ayat 1 yang menyatakan bahwa dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, rumah sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali.

RSUD Ajibarang sebagai salah satu rumah sakit pemerintah yang bergerak dalam pelayanan kesehatan juga harus memenuhi kaidah-kaidah tersebut. Sebagai bukti dalam pelaksanaan amanat undang-undang RSUD Ajibarang telah melaksanakan berbagai persiapan guna meningkatkan mutu pelayanan dan tingkat keselamatan pasien, agar mendapatkan pengakuan oleh lembaga penilai akreditasi rumah sakit di Indonesia yaitu Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Agustus 2017 ditanggal 23-25 RSUD Ajibarang menjalani ujian survei oleh KARS akan pelaksanaan pelayanan yang berorientasi pada mutu dan keselamatan pasien pada 15 pokja. Kami mengharapkan bisa sesuai harapan untuk mendapatkan Akreditasi Paripurna.
Inilah sekilas RSUD Ajibarang untuk menuju impian AKREDITASI PARIPURNA :

RSUD Ajibarang memulai kegiatan menuju pelasanaan Survei Akreditasi lumayan lama, dimulai dari tahun 2013 melalu pencanangan oleh Direktur RSUD Ajibarang menuju Akreditasi, kegiatan ini dilanjutkan dengan mempersiapkan SDM dengan mengikutkan kursus-kursus yang dilaksanakan oleh KARS, Bimbingan oleh KARS, Survei Simulasi dan Beberapa studi banding yang dilakukan ke RSUD Kajen , RSUD Goeteng Purbalingga.
Kegiatan juga dilakukan di internal rumah sakit, diantaranya workshop penyusunan Clinical Pathway, Workshop Penyusunan Dokumen, Proses Penyusunan Dokumen sendiri, In House Tarining (IHT) PPI, MPO, MFK, Bantuan Hidup Dasar (BHD), Brigade Siaga Bencana (BSB), Aplikasi Code emergency (code red, code pink, dll). Masih banyak kegiatan yang dilakukan untuk menyongsong akreditasi. Yang paling akhir kami lakukan adalah kegiatan Akreditasi Expo, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh seluruh pokja untuk mensosialisasikan dokumen dan regulasi, kepada seluruh karyawan civitas RSUD Ajibarang. Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Jejak Akreditasi yaitu kegiatan yang menitik beratkan pada kompetensi SDM yaitu skill kemampuan dalam BHD, PPI, Pelaksanaan APAR, berbagai code emergency yang harus diikuti oleh seluruh civitas RSUD Ajibarang dan harus sampai lulus dengan pembuktian mendapatkan stiker yang dipasang di ID Card Pegawai.


Kegiatan survei diawali dengan pemaparan Profil RSUD Ajibarang oleh direktur di aula Hotel Java Heritage, setelah pemaparan dilanjutkan dengan ramah tamah dan pemaparan etika surveior dan ketentuan -ketentuan yang harus dilakukan

POKJA PELAYANAN PASIEN SETELAH TELUSUR DOKUMEN
BERSAMA Kolonel. dr. Fritz, SPOG
Dihari pertama di rumah sakit diawali dengan pemaparan direktur tentang program peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) oleh direktur, dilanjutkan dengan perkenalan dan perencanaan jadwal selama tiga hari. RSUD Ajibarang tidak lupa menampilkan MARS dan Hymne RSUD Ajibarang dan Juga Koreografi tentang hand hygiene. Pertemuan dilanjutkan dengan telusur dokumen pada masing-masing pokja, telusur tertutup RM dan observasi di ruangan.


Hari kedua dilanjutkan dengan presentasi Managemen Resiko, FMEA, RCA dan CP oleh ketua Komed dilanjutkan dengan telusur terbuka RM  dan observasi di ruangan.

Nah....dihari ketiga inilah para pendekar terpilih maju untuk mengikuti tes kompetensi mengenai kelengkapan dokumen, proses kredensial, kemampuan BHD, dll. Setelah sholat dhuhur kembali dilakukan kekurangan telusur, pertemuan para pimpinan dan penutupan. Sangat mengasyikan saat penutupan suasana lelah dan tegang ditutup dengan nyanyian lagu kemesraan, tidak terasa derai air mata meneteesss di mata direktur dan karyawan bahwa rasa syukur kepadaNya bahwa gawai besar telah dilalui. 

SEMOGA RSUD AJIBARANG AKREDITASI PARIPURNA
by goens"GN"

Komentar

Unknown mengatakan…
Amiin..Insyaallah smoga tercapai.

Salut kpd pejuang2 akreditasi, otomatis dari unsur tertinggi pimpinan Direktur dr.Dani Esti Novia, Ketua Akreditasi dr.Widyana Sp.OG,dan team sekretaris akreditasi mba Rini dan mba intan, dan salaha satunya dr.Igun W Sp.An sbagai salah satu asessor internal RSUD Ajibarang yg byk punya ide2 dlm merentas asa sebuah teamwork RSUD Ajibarang yg berkeinginan paripurna.

Paripurna semata sbagai harapan dan niat,serta bonus pencapaian hasil kerja keras perjuangan semua elemen dlm unit Rmh Sakit ini..yg ujungnya untuk peningkatan mutu dan patient safety.

Atas rahmat Allah SWT,akreditasi hanya sebuah titik awal pondasi kualitas mutu pelayanan dinilai.
Selanjutnya lah merupakan perjuangan untuk menata bata demi bata mutu pelayanan RSUD AJIBARANG berdasarkan standar menjadi bangunan mutu yg kuat dlm pelayanan rsud ajibarang. Aamiin..

RSUD Ajibarang..CERIA.. Bersama kita bisa..akreditasi paripurna..yes..yes..yes.
Igun Winarno mengatakan…
yoi...kalian juga hebat..tanpa kalian nda akan berati apa-apa