KAMPUNG ADAT MANOLA “INDONESIA MASIH BANYAK YANG INDAH”


Perjalanan familiy time “Trip Sumba” salah satunya menuju ke Kampoeng Adat Manola. Kampung Adat ini terletak di desa Tena Teke Kecamatan Weweha Timur Sumba Barat Daya. Manola dalam bahasa lokal berarti yang suka pindah-pindah.
Kampung adat Manola ini bisa ditempuh sekitar 45 dari Tambolaka, perjalanan disini melalui jalan yang lengang, ada sebagian jalan yang masih dalam proses perbaikan belum beraspal. Kami sarankan kalau memasuki kampoeng adat untuk membawa oleh-oleh alat tulis atau makanan.

Kampoeng Adat Manola Sumba Barat Daya
Kampung Manola ini berada di perbukitan terdapat sekitar 42 rumah adat, dengan diselingi Kuburan batu disekitarnya berjumlah 113. Jagalah etika selama berada di sana karena peradaban leluhur masih dijaga ketat.

Menurut cerita konon kabarnya orang yang tinggal di kampung Manola ii adalah keturunan dari Gunung Yawita (sebuah gunung besar dan tinggi disekitar sini, mereka mempunyai upacara adat “TEDA” yaitu sebuah upacara untuk meminta untuk meminta berkah dari sang maha dewa Merapu untuk keberhasilan panen dan menolak bahaya dan bencana, upacara ini biasanya dilakukan setiap bulan Nopember. (disarikan dari beberapa sumber, by goens”GN”)

Komentar