Langsung ke konten utama

Survey Internal : Tata Kelola, Kepemimpinan dan Pengaturan (TKP)

SURVEY INTERNAL
TATA KELOLA, KEPEMIMPINAN DAN PENGATURAN
(TKP)

STANDAR
DOKUMEN
Y
T
KETERANGAN

Tata Kelola



TKP 1
TKP 1.1
a.    Dalam mengelola sebuah RS ada sistem atau panduan sebagai acuan hukum yang telah ditetapkan ? yaitu Hospital by law
b.    Siapa yang menyetujui / mengesahkan HBL ? (Pemda)
c.     Sudahkah disetujui / disyahkan ?
  




a.   Proses Penyusunan HBL :
b.   Bagaimana proses penentuan HBL ?
c.   Bukti dokumen proses ?
·     Undangan ?
·     Daftar Hadir !
·     Notulen Pertemuan
d.   HBL apakah memuat tentang SOTK (Struktur Organisasi dan Tata Kelola)
·     Bagaimana bentuknya
·     Apakah memuat persyaratan kedudukan
·     Apakah memuat rincian uraian tugas



TKP 1.1
a.   Didalam HBL tercantum visi dan misi rs ?
·     Bukti dokumen visi dan misi ada di HBL ?
b.   Bagaimana proses penyusunan visi dan misi RS ?
c.   Bukti dokumen !
·     Undangan !
·     Daftar Hadir !
·     Notulen !
d.   Siapakah yang menyetuji visi dan misi RS ?
e.   Apakah visi misi cukup diketahui internal RS ?
f.    Kalau tidak, bagaimana cara mensosialisasikannya ?
g.   Adakah SPO tata cara sosialisasinya




TKP 1.2
a.   Untuk mewujudkan visi RS ini, direktur dan jajaranya perlukah menyusun perencanaan ?
b.   Kalau ia dimana perencanaan ini bisa diketemukan ! (dokumen ! tunjukkan) (Renstra &RKA)
c.   Bukti dokumen !
·     Undangan !
·     Daftar Hadir !
·     Notulen !
d.   SK persetujuan Renstra & RKA (siapa yang menyetujui)
e.   Bagaimana cara menilai kemajuan/proses dalam menggapai visi melalui misi yang telah  ditentukan ?
f.    Bukti review secara berkala / evaluasi
g.   Kebijakan/pedoman/SPO seharusnya mendapatkan persetujuan pemilik RS, dalam hal ini Pemda (Bupati), adakah pendelegasian untuk hal ini kepada direktur ?
h.   Kalau iya, buktikan dokumen surat pendelegasian hal ini kepada direktur !



TKP 1.3
HBL apakah memuat tenatang ketentuan `:
a.     Siapa yang memberikan persetujuan anggaran RS
b.    Yang mengalokasikan anggaran belanja modal dan barang
c.     Ujud perencanaan anggaran belanja modal dan barang



TKP 1.4
a.     HBL membuat ketentuan :
  • Siapa yang berwenangan menetapkan direktur
  • Bagaimana bentuk evaluasi kinerja direktur
  • Dokumen evaluasi kenerja direktur
b.    Dokumen :
c.     SK Penempatan Direktur
d.    SK pengangkatan pejabat struktural lainnya
e.     Tata Cara Evaluasi Pejabat dibawah direktur
  • Dokumen evaluasi
f.      Evaluasi bulanan tahunan ?
  • Dokumen ?



TKP 1.5
PMKP 1.4 EP2
a.   Adakah kebijakan tentang mutu dan keselamatan pasien
b.   Apakah mendapat persetujuan pemilik !
c.   Dokumen
  • Kebijakan/Perdir/Panduan/SPO
d.   Adakah Tim Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien
  • SK Tim dan Uraian tugas
  • Program kerja
  • Pedoman/Panduan/SPO Tim PMKP
  • Adakah rapat rutin
    1. Undangan
    2. Daftar hadir
    3. Notulen
  • Adakah evaluasi hasil kegiatan !
    1. Dokumen !
  • Adakah analisis dan rekomendasi
    1. Dokumen !




KEPEMIMPINAN RUMAH SAKIT



TKP 2

APK 6 EP 1,2
a.       RSUD Ajibarang dipimpin oleh seorang direktur (SK )
b.       Bukti sumpah jabatan mematuhi nilai nilai dan perundangan
c.        Uraian tugas direktur
d.       Persyaratan Jabatan dan dokumen pendukung
e.       Dokumen usulan kebijakan ke pemilik
f.         Pemeriksaan RSUD Ajibarang dilakukan oleh Siapa saja !
·       Dokumen pemeriksaan
g.        Adakah sistem pengawasan internal RS
Dokumen :
·       SK Pengawas internal
·       Uraian tugas
·       Program
·       Hasil kegiatan
·       Evaluasi Kapan ?
·       Dokumen !
·       Undangan
·       Daftar hadir
·       Notulen
h.       Satuan Pengawas eksternal (badan pengawas)
·       Siapa yang menunjuk badan pengawas
·       SPO badan pengawas
·       Bukti Kegiatan / masukan
i.         Dokumen tanggapan atau perencanaan tindak lanjut dan pelaksanaan saran dan masukan dari lembaga pengawas



TKP 3
a.       SK Pengangkatan pejabat struktural RS
·       Bukti kegiatan orientasi dan perkenalan SDM
b.       SOTK RSUD Ajibarang sudah sesuaikah dengan pejabat yang ada
c.        Program kerja (misi) dari masing masing pejabat apakah sudah sesuai dengan misi RS ?
d.       Dokumen !
e.       Adakah pertemuan rutin di rumah sakit !
Dokumen
·       Undangan
·       Daftar hadir
·       Notulen
f.         SPO Pertemuan rutin RS



TKP 3.1
a.   Dalam menentukan misi atau perencanaan rumah sakit, apakah sering melibatkan masyarakat
b.   Kapan pertemuan dilaksanakan
c.   Siapa saja yang diundang / diajak pertemuan
Dokumen :
·       SPO Pertemuan dengan tokoh masyarakat, dll
·       Undangan
·       Daftar hadir
·       Notulen




TKP 3.2
a.       Adakah kebijakan tentang pelayanan yang bisa  diberikan di ajibarang dan yang tidak bisa dilakukan di RSUD Ajibarang
b.       Apakah pelayanan yang bisa dan tidak bisa dilakukan ini sesuai dengan visi dan misi RS
c.        Bagaimana sosialisasi kebijakan ini ?
d.       Adakah buku /brosul profil RS ?
Dokumen ! bukti
e.       Apakah terdapat kajian terhadap produk baru (obat, alat, dll)
 Dokumen :
·       Panduan / SPO
f.         Adakah kegiatan yang membahas evaluasi pelayanan yang diberikan ?
·       SPO Pertemuan
·       Undangan
·       Daftar hadir
·       Notulen
g.         



TKP 3.2.1
MPO2.2 EP 1
a.     Kebijakan/SPO tentang perencanaan dan pengadaan barang
b.    Pada pengadaan barang untuk pelayanan high risk apakah melibatkan profesi pengguna barang
·       Dokumen ! Usulan atau pertimbangan barang
c.     Bukti dokumen pengadaan barang habis pakai di RS
d.    Daftar formularium obat RSUD Ajibarang
e.     SPO Penyusunan formularium
f.      Kebutuhan barang, obat-obatan atau perbekalan lainnya tercukupi
g.     Daftar mutasi alat-alat yang sudah atau sedang digunakan
h.    Penggunaan perbekalan dan peralatan yang telah diadakan



TKP 3.3





AP 5, 8
AP 5,8, PAB
a.       Adakah kontrak kerja klinis dan manajerial di RSUD Ajibarang
b.       Bukti Kontrak kerja yang dilakukan
c.        Apakah kontrak kerja meliputi isi ketentuan yang harus dilaksakan dan yang tidak boleh dilaksakan
d.       Apakah dalam kontak kerja klinis, melibatkan pimpinan klinis / komite medis
e.       Adakah evaluasi dalam sistem kontrak kerja
Dokumen !
·       Undangan
·       Daftar hadir
·       Notulen
·       Apakah melibatkan pimpinan / direktur
f.         SPO Evaluasi kontrak kerja
g.        SPO saat pengakhiran kontrak kerja dimana kontinuitas pelayanan terjamin



TKP 3.3.1
AP 5, 8
a.       Apakah evaluasi kontrak kerja melibatkan Tim Peeningkatan mutu dan keselamatan pasien
b.       Dokumen SPO/daftar hadir/undangan
c.        Hasil kegiatan evaluasi
d.       Adakah rekomendasi untuk mengakhiri kontrak kerja



TKP 3.3.2
a.       SK Direktur tentang jenis pelayanan yang dirujuk
b.       Kredensialing PPA pada pelayanan rujukan parsial
c.        Dokumen kredensial
d.       SKK dan RKK prakktisi independen
e.       Bentuk kerja sama / Mou praktek mandiri / institusi
f.         SPO evaluasi mutu pelayanan dan keselamatan pasien pada pelayanan praktisi mandiri / independen



TKP 3.4
KPS 11, 14, 17
PMKP
a.       Perencanaan peningkatan mutu pelayanan PPA, unsur pimpinan dan lainnya
b.       Bukti kegiatan peningkatan mutu dan keselamtan pasien
c.        Sertifikat seminar / workshop/P2KB untuk para PPA dan lainnya
d.       Laporan dari masing masing kelompok sesuai program PMKP kepada Tim PMKP
e.       Bukti penilaian kinerja PPA



TKP  3.5
a.       Kebijakan /panduan/SPO tentang rekruitmen pegawai
·       Dokumen
·       Proses : bukti kegiatan / media/hasil seleksi/kepanitiaan
b.       Program/perencanaan tentang retensi pegawai
·       Dokumen
c.        Proses terencana untuk peningkatan mutu SDM (diklat dan PSDM)



TKP 4
a.       Struktur organisasi rumah sakit
·       Dokumen Panduan / kebijakan
·       Bukti struktur organisasi RS/Kelompok profesional/Instalasi/ruang
b.       Memahami jalur komunikasi inernal RS
c.        Staff memahami kedudukan didalam struktur organisasi dan jalur komunikas




PIMPINAN DEPARTEMEN / UNIT PELAYANAN



TKP 5
AP 5, 8
MPO 1.1


TKP 5.1
  1. Kebijakan tentang unit / instalasi /pelayanan
  2. Ada kepemimpinan (SDM) penanggungjawab kegiatan
  3. Ada persyaratan kedudukan jabatan
  4. Pedoman organisasi
  5. Struktur organisasi
  6. Bukti Perencanaan dengan format yang seragam
·       Bukti usulan kegiatan ke direktur
  1. Bukti Kegiatan
·       Jenis pelayanan yng diberikan
·       Koordinasi dengan unit laian
·       Tata cara koordinaso
  1. Bukti Evaluasi



TKP 5.1

a.       Komunikasi medis
Dokumen :
·       SPO koordinasi antar unit
·       Transfer Intra dan ektrahospital
·       SPO Operan jaga
·       SPO Serah terima Jabatan
·       Rapat rutin



TKP 5.2



AP 6, 3 EP 5
a.       Regulasi Standar fasilitas Instalasi/ruang
·       Dokumen
b.       Regulasi SPM instalasi / ruang
·       Dokumen
c.        Instalasi Memprogramkan kebutuhan alat, BHP dan SDM
·       Dokumen A
d.       Panduan Pelayanan mencakup hal hal minimal yang harus dilaksanakan
·       Dokumen
e.       Perencanaan bila usulan kegiatan belum dipenuhi berkaitan kontinuitas pelayanan



TKP 5.3
a.       Perencanaan SDM di Instalasi / Ruang
b.       Kebijakan Kualifikasi minimal PPA / SDM lainnya di instalasi/ruang
c.        Kriteria digunakan untuk pengembangan SDM
d.       Kriteria digunakan untuk seleksi SDM



TKP 5.4
KPS 7
AP 5.1 EP 5
AP 6.2 EP 6
a.       Program orientasi pegawai
b.       Orientasi pegawai baru oleh pimpinan berkaitan tupoksi dan profesionalisme pelayanan di unit
c.        Pengarahan / pendidikan rutin pegawai oleh pimpinan
d.       Bukti SPO dan hasil kegiatan (pegawai baru dan lama)



TKP 5.5
PAB 2 EP 7
a.       Program evaluasi internal instalasi/ruang
b.       Dokumen bukti evaluasi dan analisis
c.        Program evaluasi peningkatan Mutu dan keselamatan pasien (PMKP)
d.       Bukti data yang diserahkan
e.       Bukti penentuan indikator mutu dan keselamatan pasien
f.         Bukti analisis data yang diserahkan ke PMKP
g.        Bukti survei eksternal dan internal
h.       Evaluasi kontrak kerja klinis dan manajerial (TKP 3.3)
i.         Bukti rencana dan hasil tindak lanjut dari rekomendasi




ETIKA BERORGANISASI



TKP 6
a.       Kebijakan terntang Komite Etik Rumah sakit
b.       SK Tim Komite etik RS
c.        Pedoman / Panduan Tim Komite Etik
d.       Perencanaan Tim Komite Etik
e.       Kode Etik RS
f.         Kode Etik Dokter RSUD Ajibarang
g.        Kode Etik PPA lainnya
h.        



TKP 6.1
AP 5.1, 6.1
a.       Profile RS (kepemilikan RS dan kegiatan)
b.       Proses pemberian penjelasan secara jujur rencana pelayanan kepada pasien (admisi dan perencanaan pelayanan/AP)
c.        Kebijakan penerimaan pasien
d.       Kebijakan transfer pasien
e.       Kebijakanpemulangan pasien
f.         Kebijakan tentan discarge planing
g.        Bukti penagihan akibat pelayanan yang diberikan
h.       Klaim asuransi
i.         Kuitansi pembayaran
j.         Dan lainnya
k.        Penanganan komplain berkaitan dengan penagihan
l.         Bukti adanya tim kompalin (humas)
m.     Bukti penanganan komplain




TKP 6.2
a.       Kerangka kerja / program kerja tim etis menunjang dilema etis pelayanan
b.       Bukti dukungan kegiatan komplain
c.        Tim Hukum RS





By goens GN


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN ANESTESI DAN PEDIATRIK

PEDOMAN ANESTESI DAN PEDIATRIK 1.     Pendahuluan Penatalaksanaan anestesi pada kelompok pediatri mempunyai aspek psikologi, anatomi, farmakologi, fisiologi dan patologi yang berbeda dengan orang dewasa. Pemahaman atas perbedaan ini merupakan dasar penatalaksanaan anestesi pediatri yang efektif dan aman. Pendekatan psikologis merupakan faktor penting yang berdampak pada luaran anestesi pediatri. Sesuai perkembangannya, kelompok pediatri dibagi dalam kelompok usia neonatus yang lahir kurang bulan dan cukup bulan, bayi usia diatas 1 bulan sampai usia dibawah 1 tahun, anak usia prasekolah usia diatas 1 tahun sampai usia 5 tahun, anak usia sekolah usia 6 tahun sampai 12 tahun dan usia remaja 13 tahun sampai 18 tahun. Neonatus merupakan kelompok yang mempunyai risiko paling tinggi jika dilakukan pembedahan dan anestesi. Patologi yang memerlukan pembedahan berbeda tergantung kelompok usia, neonatus dan bayi memerlukan pembedahan untuk kelainan bawaan sedangkan remaja m...

Mengapa Aku Menjadi Seorang Dokter Anestesi

MENGAPA AKU MENJADI SEORANG DOKTER ANESTESI (Sebuah Titik Balik Kehidupan) Sekarang walaupun belum dapat kuraih semuanya, tetapi aku mulai bisa tersenyum mengenang akan masa laluku. Kini aku telah menjadi seorang dokter dan telah mendapatkan spesialisasi dalam jenjang pendidikan di bidang anestesiologi alias pendalaman dalam ilmu pembiusan dan penanganan pasien kegawatdaruratan di ruang intensif (ICU). Memang sih, masih banyak yang belum bisa aku raih tetapi setidaknya kini aku dapat tersenyum dengan kehidupanku sekarang. Aku terlahir disebuah desa kecil dengan kultur budaya pendidikan yang   tidak   menunjang, jangankan bermimpi untuk menjadi seorang dokter, untuk sekolah sampai jenjang menengah pertama dan atas saja masih menjadi barang yang langka. Untung aku terlahir mempunyai seorang bapak yang memang berorientasi pada pendidikan, walaupun susah dari sisi ekonomi untuk menjalaninya. Bapakku merupakan seorang pendidik yang berhenti entah mengapa, karena jaman at...

INFO KOS DI AJIBARANG

  KOS-KOSAN DI AJIBARANG Ingin mendapatkan tempat kos yang menyenangkan ?, Indi’s Kos menyediakan sebuah tempat hunian kos yang menyenangkan, dengan type kamar : Kamar mandi dalam, AC, lemari, spring bed 140 x 200, sprei, bantal dan guling, sebanyak 2 kamar Kamar mandi luar (dalam rumah 2 buah) : springbed 120 x 200, sprei, bantal guling, sebanyak 5 kamar Kamar : bersih Lokasi :  jalan Pramuka no 30, Ajibarang Kulon, Belakang kecamatan Ajibarang. Strategis : Tenang, dekat keramaian dan makanan, tempat parkir luas Bila memerlukan informasi bisa hubungi : Bapak Warsoon : 085292364268 Ruang santai, ruang bersama Kamar Mandi dalam Kamar Kamar Mandi Luar kamar /dalam rumah Kamar Mandi dalam Kamar Kamar Bukan Ber AC Kamar Ber AC