GEMPA LOMBOK AYO GUGAH SOLIDARITAS KITA

Purwokerto,- Gempa Lombok telah membuat hati menangis dan meneteskan air mata, susul menyusul gempa masih terus terjadi, informasi terbaru gempa masih terjadi walau dalam skala kecil. Informasi terbaru seperti termuat dalam viva.co.id  "Siang H+5 tercatat 321 orang meninggal dunia," ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta, Jumat, 10 Agustus 2018. Sutopo merinci, dari jumlah itu tersebar di Kabupaten Lombok Utara 273 orang, Lombok Barat 26 orang, Lombok Timur 11, Kota Mataram 7, Lombok Tengah 2, dan Kota Denpasar 2 orang. Sebanyak 321 orang meninggal tersebut semuanya sudah diverifikasi. 
"Adanya laporan-laporan tambahan jumlah korban meninggal dunia masih dilakukan verifikasi. Artinya jumlah korban meninggal dunia lebih dari 321 orang. Namun masih memerlukan verifikasi," ujarnya. Sementara itu, kata dia, untuk jumlah pengungsi sebanyak 270.168 jiwa yang tersebar di ribuan titik. Jumlah pengungsi juga diperkirakan bertambah mengingat belum semua terdata dengan baik. 
Banyak Tim Kesehatan dan bantuan yang telah dikirimkan kesana, dari TIM RS Kariadi Semarang dan Undip telah memberangkatkan bantuan tenaga medis dan bahan-bahan yang diperlukan. Banyak kelompok yang telah mengirimkan bantuan ke area terdampak bencana misalnya dari alumni kedokteran Undip 92 telah dengan aktif sejak awal melakukan koordinasi bantuan kesana, kebetulan salah satu alumni dr. Ima Arum Lestari, SpPK yang bertugas di FK UNRAM  selalu menyampaikan informasi terbaru. Banyak hal miris bagi korban baik harta benda maupun kejiwaan, seperti permohonan doa dari beliau “Hai temen-temen maafkan segala sesalahanku yah dan mohon untuk didoakan agar aku kuat” hal semacam ini menggambarkan betapa beratnya psikologis mereka. Alhamdulillah dengan ketabahan beliau tidak meninggalkan daerah gempa malah menjadikan rumah tinggalnya sebagai posko bala bantuan. 

RSUD Ajibarang pun telah melakukan penggalangan dana untuk membantu meringankan beban saudara kita di pulau seribu masjid. 
Ayo sahabat negeri Indonesia, mari bukakan hati kita dengan niat tulus untuk membantu korban terdampak gempa di Lombok. Sebagi infromasi tanggal 11 Agustus 2018 di Alun-alun Purwokerto akan diadakan penggalangan dana untuk korban gempa.


Ayo datang dan sumbangkan !

by goens"GN"

Komentar